Photo of The Yeaah

Photo of The Yeaah

Monday, April 13, 2009

Sebuah pertaNyaan pada diRi sEndiRi

episodePertaMa::CappucHinoLate
Banyak anak remaja disini saya khususkan bagi yang kelas 3 SMA yang sedang dalam masa-masa menunggu, menunggu Ujian Nasional yang di helat kurang lebih satu minggu lagi, menunggu pengumuman tes atau PMDK, menunggu SNMPTN, menunggu sebuah hasil [entah bagi yang sadar atau belum bahwa kita sekolah sudah hampir sembilan tahun] dari sekolah kita selama itu.
Satu pertanyaan mungkin bagi mereka yang belum sadar ini sulit untuk dijawab,’untuk apa kita sekolah selama itu?’ tuntutan orangtua kah,,hanya sebagai persamaan dengan anak-anak lain,,atau hanya sebagai ajang untuk menjaga Prestige, bersaing medali, atau yang paling rendah ‘rangking kelas’. Mungkin sedikit sekali dari kita yang mencoba bertanya tentang ini pada hati kita, bahkan mungkin akan sangat jarang dari mereka yang menemukan jawaban yang tepat. Apalagi bagi kami,kaum kelas senior yang tinggal menghitung hari untuk lulus dari Sekolah Menengah Atas ini. Kalau satu pertanyan paling simple ini sulit untuk dijawab bagi mayoritas dari kita,,lalu bagaimana hidup ini akan berlanjut. ‘Kemana hidup ini akan Anda bawa setelah lulus SMA?’ jawaban yang akan banyak di dengar adalah Kuliah. So, kalau pertanyaan nya saya tambah, ’buat apa Anda kuLiah?’ bagi yang menjawab,’kan udah semestinya nya habis SMA terus kuliah’ . Oke,,benar memang setelah SMA terus kuliah terus kerja terus nikah. Tapi apakah itu bukan hanya sebuah mindset masa lalu, yang terus-menerus hingga sekarang kita anut tanpa kita tahu apa sebabnya. Sebuah mindset yang tidak saLah, cuma beLum kita mengerti ‘mengapa kok begitu?’. Kalau benar begitu, berarti Anda adalah orang BODOH yang diperBODOH dengan keadaan.
Jawaban dari berbagai pertanyaan di Atas kuncinya ada pada diri kita
masing-masing. Bukankah kita sudah dewasa yang punya pikiran dan perasaan, sudah
mampu untuk berpikir ke depan. Merancang petA masa depan dengan gambLang nya.
Bukankah itu pekerjaan yang gampang, hanya untuk membayangkan bagaimana aku di
masa depan. Tapi mungkin jarang dari kita yang MAU meluangkan seperempat
waktunya untuK hal ini. Atau mungkin ada juga yang sudah melakukannya,, tApi
apakah dengan beNar ?? ataukah hanyaLah khayalan bualan semata??


Seperti dalam memilih jurusan Kuliah [kita tinggalkan sejenak pertanyaan ‘buat apa kuliah’]. Pertanyaan baru, ‘Berdasarkan apa Kamu memilih jurusan untuk Kuliahmu?’_ a. Berdasarkan minat,bakat dll ._ b. rekom Ortu . _ c. pRospek kERja _d. Yang mudah untuk dimasuki [nb: peminat sedikit, grade rendah] atau _e. Berdasarkan UANG atau kekayaan. Dari lima pilihan diatas, termasuk yang manakah kamu?? [Semoga tidak yang terakhir]. Pertanyaan keempat yang mudah dijawab bukan?? Bagi yang bingung, Silahkan dengan hormat ‘Nyemplung’o kaLi’. Kalau Anda banyak yang meNjawab ‘berdasarkan Minat,bakat dan kemampuan’ ,benar. Tapi kebanyakan remaja sekarang banyak yang ‘nggak tau,nggak peduli,nggak ngeh’ sama bakatnya. Ada yang punya bakat Seni tapi yang dimasukin Kedokteran, Absolutely nggak nyambung. Apakah Anda mau kecewa hanya karena mendzolimi diri sendiri??? ItU hanya haL keciL yang sering terjadi dan sering kita abaikan ‘Mengerti apa yang kita mau’. Lalu hal besar yang jarang terjadi dan sering kuadrat kita abaikan adalah ‘sudah tau, mengerti dengan benar Minat,bakat dan kemampuan diri kita, artinya kita bisa memilih jurusan yang tepat, tapi masalahnya ketika sudah masuk, ternyata banyak keluhan = tidak bahagia. SAMA JUGA BO’ONG..!!! Jadi apa artinya??? memiLih jurusan tidak Cuma masalah minat dkk, tapi juga masalah kebahagiaan. Minat nya di iNformatika tapi bahagianya di Pertanian, ya ambiL aja pertanian. Bakatnya di Kimia, tapi akan lebih bahagia apabila di Farmasi,,ya ambiL aja farmasi. Sangat muDah bukan,,?? Hanya dengan mengetahui derajaT kebahagiaan nya. Dari hati dengan merasakan, bukan dari Otak dengan berpikir. You know what I mean..?!


‘Sebuah pertaNyaan pada diRi sEndiRi’ yang kita tujukan pada haTi, bukan Otak.


It’s for my friend, not just for ipa[dua]’ers, but for all of my friend who want to change their live from now. From our self, from our thinking, and from our HEART. So, I really need your feedback ,,because it just feed Forward for you.
Dilarang ASUMSI and always BE POSITIVE!!!!!!!
By. CappuchinoLate with Live iS wonderful, easy, HAPPINESS and SUCCESS

0 comments:

 

About Us

My photo
Something about foods and photograpy. Sometimes likes travelling or just singing. Always make a pup or go to WC... hwaaakakakaka

Featured

Photobucket